Sri Wuryanti(1), Deni Hadiana(2)
Pusat
Asesmen dan Pembelajaran, Balitbangbuk, Kemdikbud
Abstrak.
Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi penerapan metode pembelajaran secara online selama PJJ di
rumah akibat dari adanya pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode
studi kasus eksplorasi dan pendekatan penelitiannya menggunakan metode kasus
kualitatif yang digunakan untuk mendapatkan informasi tentang metode pembelajaran
yang telah diterapkan selama pandemi
COVID-19 terhadap proses belajar mengajar di Sekolah Dasar. Untuk, responden
penelitian ini sebanyak 6 guru sekolah dasar kelas IV di salah satu sekolah di
Tangerang. Data, yang digunakan adalah data sekunder berupa teks-teks
pembelajaran yang dikirim oleh guru di WA grup kelas kepada siswa. Hasil
penelitian ini adalah berupa diskripsi tentang metode pembelajaran guru dalam
proses belajar jarak jauh, jumlah variasi metode pembelajaran yang diterapkan,
dan jumlah pemanfaatan PJJ dengan model daring atau luring dari bulan Agustus
sampai dengan Oktober 2020.
Keyword:
PJJ, metode pembelajaran, COVID-19, Sekolah Dasar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar