Selasa, 03 November 2020

KEMAMPUAN DAYA SERAP MATERI PELAJARAN MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS

 Sri Wuryanti , Joko Yuwono

 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah inklusi dan daya serap terhadap materi pelajaran Matematika dalam Ujian Nasional SMA tahun pelajaran 2018/2019. Meskipun, Ujian Nasional telah dihapus secara undang-undang, namun hasil Ujian Nasional terakhir tahun 2018/2019 masih dapat digunkan untuk memotret kemampuan minimal akademik siswa dan juga untuk refleksi guna meningkatkan mutu pendidikan yang lebih baik. Kemampuan peserta didik dapat diketahui dari hasil ujian nasional, sedangkan daya serap terhadap mata pelajaran Matematika dapat dilihat dari persentase peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah inklusi yang dapat menjawab benar soal-soal Ujian Nasional Matematika. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik jenjang SMA yang mengikuti Ujian Nasional tahun pelajaran 2018/2019, sedangkan sampel penelitian adalah seluruh peserta didik inklusi jenjang SMA yang mengikuti Ujian Nasional tahun pelajaran 2018/2019. Data yang digunakan merupakan data sekunder, yaitu data Ujian Nasional SMA tahun pelajaran 2018/2019. Analisis data menggunakan software Excel, dan selanjutnya dilakukan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan skor Ujian Nasional Matematika untuk peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah inklusi yang tertinggi adalah 54.02 dan terendah 22.69 dengan rata-rata nilai adalah 39.43. Nilai rata-rata Matematika jurusan IPA adalah 45,66 (termasuk dalam kategori kurang), jurusan Bahasa adalah 40.04 (termasuk kategori kurang), sedangkan jurusan IPS adalah 29.28 (termasuk kategori rendah). Daya serap ratarata tertinggi materi Matematika pada jurusan IPA adalah 30%, pada lingkup materi Aljabar, daya serap terendah adalah 23% pada lingkup materi kalkulus. Pada jurusan IPS, daya serap rata-rata tertinggi mata pelajaran matematika adalah Aljabar dan statistika masing-masing 29%, daya serap terendah adalah 18% pada lingkup materi Geometri dan Trigonometri. Sedangkan, Pada jurusan Bahasa, daya serap rata-rata tertinggi adalah Aljabar 38%, yang terendah adalah 30% pada lingkup materi Geometri dan Trigonometri. Rentang nilai pada peserta berkebutuhan khusus sangat besar sehingga perlu pendampingan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik. Kelemahan peserta didik berkebutuhan khusus dalam mata pelajaran Matematika adalah pada lingkup materi Geometri dan Trigonometri. Kata 

kunci: Ujian Nasional, nilai, daya serap, anak berkebutuhan khusus.

selengkapnya dilink berikut:

https://drive.google.com/file/d/1z7tVJ3eT76ynsxG9drHvvvD3ZlwgQ6cW/view?usp=sharing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

AKM SEBAGAI SUPPORTING PEMBELAJARAN DI KELAS

PPT AKM silahkan download dari link berikut: https://docs.google.com/presentation/d/13r5kEj1kk5g-ljlmLS4blPQ2Tj_-n5na/edit?usp=sharing&o...