KOMPETENSI GURU SD KELAS IV DALAM
MENYELESAIKAN
SOAL MATEMATIKA TIMSS
Dimas1, Wuri2, Rumondang3 dan Fahmi4
1 Pusat Asesmen dan
Pembelajaran, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
2 Pusat Asesmen dan
Pembelajaran, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
3 Pusat Asesmen dan
Pembelajaran, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
4 Pusat Asesmen dan
Pembelajaran, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
e-mail: Dimas, Wuri, hmnooridris7@gmail.com,
ffahmi6@gmail.com,
Abstrak. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk memperoleh
informasi tentang kompetensi guru SD dalam menyelesaikan soal Matematika. Penelitian
ini menggunakan metode kuantitatif dan deskriptif. Metode kuantitatif dilakukan
untuk mengetahui kompetensi guru SD, daya serap, dan tingkat kesukaran butir soal,
sedangkan metode deskriptif dilakukan untuk menginformasikan nilai tes,
daya serap, dan tingkat kesukaran soal dalam bentuk tabel, grafik agar mudah
dibaca dan dipahami. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh SD rujukan
yang terdapat di seluruh Indonesia, sedangkan penentuan sampel dilakukan dengan
cara simple random sampling. Random sampling dilakukan terhadap SD rujukan yang terdapat di seluruh
provinsi di Indonesia. Jumlah sekolah sampel sebanyak 101 sekolah, sedangkan objek dari
penelitian ini sebanyak 101 guru SD. Analisis dilakukan dengan menggunakan
Excell untuk menentukan nilai tes, tingkat kesukaran soal, dan daya serap. Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa
sebanyak 44% guru mendapat nilai di atas 80, namun sebanyak 11% guru
mendapat nilai kurang dari 50. Daya serap materi peluang di
atas 80% lebih tinggi dibandingkan dengan daya serap materi geometri
dan pengukuran serta bilangan.
Daya serap domain
kognitif pengetahuan tertinggi, yaitu sebesar 83,89% dan terendah daya serap
domain kognitif penalaran sebesar 41,73%. Daya serap materi yang diujikan untuk
pecahan dan desimal, bentuk-bentuk geometri, serta organisasi dan penyajian
data di atas 80%, sedangkan daya serap materi lainya di bawah 80%. Daya serap materi matematika guru SD termasuk
kategori cukup baik yaitu sebesar 75,88%, namun angka atau ukuran
keragamannya cukup tinggi dengan deviasi standar sebesar 167%. Hal ini juga
terlihat dari daya serap terendah sebesar 23,22% dan tertinggi 96,83%. Artinya,
terdapat variasi atau kesenjangan yang cukup tinggi antara guru dengan
pengusaan materi terendah dengan yang tertinggi, walaupun kecenderungan
pencapaian skor guru cukup baik. Tingkat penguasaan guru menjawab benar soal
pilihan ganda 76.77% dan soal uraian 75.27%.
Kata kunci: tes, nilai, tingkat kesukaran, daya serap, level
kemampuan
full artikel silahkan untuk buka link tersebut:
https://drive.google.com/file/d/1fNtII63ZVfBpVSTOONGDvpRXJ8dFFecs/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar