Rabu, 14 Oktober 2020

 

KOMPETENSI GURU SD KELAS IV DALAM MENYELESAIKAN

SOAL MATEMATIKA TIMSS

 

Dimas1, Wuri2, Rumondang3 dan Fahmi4 

1 Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

2 Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

3 Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

4 Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

e-mail:  Dimas, Wuri, hmnooridris7@gmail.com, ffahmi6@gmail.com,

 

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang kompetensi guru SD dalam menyelesaikan soal Matematika. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan deskriptif. Metode kuantitatif dilakukan untuk mengetahui kompetensi guru SD, daya serap, dan tingkat kesukaran butir soal, sedangkan metode deskriptif dilakukan untuk menginformasikan nilai tes, daya serap, dan tingkat kesukaran soal dalam bentuk tabel, grafik agar mudah dibaca dan dipahami. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh SD rujukan yang terdapat di seluruh Indonesia, sedangkan penentuan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling. Random sampling dilakukan terhadap SD rujukan yang terdapat di seluruh provinsi di Indonesia. Jumlah sekolah sampel sebanyak 101 sekolah, sedangkan objek dari penelitian ini sebanyak 101 guru SD. Analisis dilakukan dengan menggunakan Excell untuk menentukan nilai tes, tingkat kesukaran soal, dan daya serap. Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa sebanyak 44% guru mendapat nilai di atas 80, namun sebanyak 11% guru mendapat nilai kurang dari 50. Daya serap materi  peluang di atas 80% lebih tinggi dibandingkan dengan daya serap materi geometri dan pengukuran serta bilangan. Daya serap domain kognitif pengetahuan tertinggi, yaitu sebesar 83,89% dan terendah daya serap domain kognitif penalaran sebesar 41,73%. Daya serap materi yang diujikan untuk pecahan dan desimal, bentuk-bentuk geometri, serta organisasi dan penyajian data di atas 80%, sedangkan daya serap materi lainya di bawah 80%. Daya serap materi matematika guru SD termasuk kategori cukup baik yaitu sebesar 75,88%, namun angka atau ukuran keragamannya cukup tinggi dengan deviasi standar sebesar 167%. Hal ini juga terlihat dari daya serap terendah sebesar 23,22% dan tertinggi 96,83%. Artinya, terdapat variasi atau kesenjangan yang cukup tinggi antara guru dengan pengusaan materi terendah dengan yang tertinggi, walaupun kecenderungan pencapaian skor guru cukup baik. Tingkat penguasaan guru menjawab benar soal pilihan ganda 76.77% dan soal uraian 75.27%.

Kata kunci: tes, nilai, tingkat kesukaran, daya serap, level kemampuan

full artikel silahkan untuk buka link tersebut:

https://drive.google.com/file/d/1fNtII63ZVfBpVSTOONGDvpRXJ8dFFecs/view?usp=sharing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

AKM SEBAGAI SUPPORTING PEMBELAJARAN DI KELAS

PPT AKM silahkan download dari link berikut: https://docs.google.com/presentation/d/13r5kEj1kk5g-ljlmLS4blPQ2Tj_-n5na/edit?usp=sharing&o...