KEMAMPUAN GURU SD KELAS IV DALAM
MENYELESAIKAN SOAL
BAHASA INDONESIA
Sri Wuryanti1, Dian Rahdiani2, Fahmi3,
Rumondang Purwati4, Giri Sarana Hamiseno2
Pusat Asesmen dan Pembelajaran Balitbang dan Perbukuan Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Gunung Sahari Raya No 4A Jakarta
Pusat
E-mail:Sriwuryanti03@gmail.com
E-mail:ffahmi6@gmail.com
Abstrak. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk memperoleh
informasi tentang kemampuan guru SD dalam menyelesaikan soal Bahasa Indonesia. Penelitian
ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan kualitatif. Penelitian
kuantitatif dilakukan untuk mengetahui kemampuan, daya serap, dan tingkat
kesukaran butir soal, sedangkan penelitian kualitatif dilakukan untuk mengungkap
pemahaman konsep berdasarkan jawaban soal uraian. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh SD yang terdapat di Indonesia, sedangkan penentuan sampel
dilakukan dengan cara stratified random sampling.
Random sampling dilakukan terhadap SD
rujukan yang terdapat diseluruh provinsi di Indonesia. Jumlah sekolah sampel sebanyak 84 sekolah, sedangkan objek dari
penelitian ini sebanyak 84 guru SD. Simpulan dari penelitian ini adalah: (1) Sebanyak 14% guru Bahasa Indonesia
dengan kategori baik mendapat nilai di
atas 80, hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar guru masih kurang menguasai
materi pelajaran, bahkan sebanyak 18% guru dengan kategori kurang mendapat
nilai kurang dari 50. (2) daya serap materi yang diujikan sebesar 68,84%. Distribusi soal
untuk tiap teks relatif sama dan daya serap Teks bacaan “Terbanglah Elang“
sebesar 71,32% lebih tinggi 5,01 poin dibandigkan daya serap teks bacaan “Bunga
di Atas Atap” sebesar 66,33%. dan sebanyak 56% soal termasuk
kategori mudah, 40% termasuk kategori sedang, dan 4% termasuk kategori sukar. (3)
Sebanyak 45,24% guru menjawab benar soal yang mengukur level
pengetahuan fakta, 86,9% guru menjawab benar soal yang mengukur leval aplikasi
atau penerapan, dan sebanyak 45,83% guru menjawab benar soal yang mengukur
level penalaran. Banyak guru kurang memahami isi bacaan sehingga apa yang
ditanyakan dengan jawaban yang diinginkan tidak sesuai
Kata kunci: tes, tingkat kesukaran, daya serap, nilai, level kemampuan
makalah selengkapnya buka link berikut:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar